Skip to content

Plagiat di dunia maya

September 4, 2009

Beberapa hari yang lalu, saya penasaran dengan sebuah link referer yang ada di Dashboard blog saya. Soalnya saya ngerasa ga pernah tukeran link sama yang punya blog dan ga pernah nitip artikel apapun di situ. Kok bisa ada pengunjung yang berasal dari web itu ya? Makanya karena penasaran, saya kemudian mengklik link tersebut. Dan saya sampai shock, ketika membaca sebuah postingan yang bener2 menjiplak postingan saya. Ga ditambahin dan ga dikurangi!

Sedih, marah, bete.. Campur aduk deh rasanya. Untungnya lagi puasa, jadi marah saya bisa sedikit diredam. Tarik napas dalam2, kemudian nyari informasi tentang yang punya web dan ga nemu. Akhirnya saya meninggalkan komentar di postingan yang dicopas tsb. Intinya saya minta supaya postingan itu dicabut, karena jelas2 itu adalah karya saya dan saya ga pernah kasih ijin buat yang punya web untuk memuatnya di webnya. Alhamdulillah, web itu ga pake moderasi jadi komen saya itu langsung muncul di situ. Fiuuh. Lumayan, jadi yang berkunjung ke situ tau klo itu adalah hasil jiplakan blog saya.

Di dunia maya, ga bisa dicegah banyak banget yang melakukan hal serupa. Padahal ini jelas2 melanggar hak cipta. Blog juga merupakan karya cipta seseorang. Untuk menulis satu artikel atau satu postingan di blog itu perlu usaha, perlu mikir, perlu mood, perlu suasana yang mendukung. Ga mudah lo nulis itu, apalagi menulis yang enak buat dibaca, trus bisa menarik orang buat melakukan sesuatu.

Tulisan saya masih jauh dari sempurna dan saya masih terus belajar. Tapi, saya bangga akan hasil karya saya dan ga mau mengambil hasil karya orang lain dengan semena2.

Tips dari saya, jika kamu ingin mencopy suatu artikel yang berasal dari blog/web orang lain :

  1. Minta ijin dengan yang punya blog. Biasanya klo mintanya baik2 yang punya blog akan memberikan ijin kok. Terbukti dengan artikel yang saya muat di sini dan di sini.
  2. Pasang link artikel asli atau link ke yang punya artikel. Ini untuk menghargai hasil karya orang lain.
  3. Untuk artikel2 yang berasal dari web2 besar seperti kompas.com biasanya saya ga minta ijin, tapi saya pasti tambahkan di bawah postingan bahwa itu bukan artikel saya dan saya sebutkan darimana artikel tsb saya kutip dan link artikel aslinya.

Tips untuk mencegah artikel kita di copas (baru buat wordpress nih)

  1. Pasang plugin wp-copy protect
  2. Setting RSS feed di Setting>Reading pilihlah yang summary dan bukan full artikel karena ap-copy protect hanya melindungi artikel di blog bukan di RSS feed.

Semoga pengalaman saya ini ga dialami oleh temen2 yaa..

4 Comments leave one →
  1. September 4, 2009 1:33 pm

    semoga yg copas sadar ya mba πŸ™‚

  2. gancuk permalink
    October 4, 2009 1:27 pm

    thanx mba.. πŸ˜€ nice info πŸ˜‰

  3. February 19, 2010 11:39 am

    yah namanya juga dunia maya, gakda aturan/uu yang jelas yang mengatur tentang copas. yang sabar ya mbak….
    sukses buat anda

Trackbacks

  1. Pilih yang mana? ;-) « d’tipz

Leave a Reply

