Skip to content

Makanan yang Menghalau Mood Buruk

July 23, 2009

Selain bikin kenyang, ternyata ada beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai penambah semangat. Berikut di antaranya:

Ekstra Semangat
Ketika butuh tambahan energi untuk beraktivitas dalam kegiatan sehari-hari, Anda butuh bantuan protein. Kandungannorepinephrine dan dopamine dari makanan berprotein akan menambah  konsentrasi dan kewaspadaan. Sumber-sumbernya bisa berasal dari; kacang-kacangan, daging merah, atau keju. Coba konsumsi sandwich ayam panggang untuk makan siang. Karbohidrat yang tak terlalu mengenyangkan akan cukup untuk memberikan tenaga, plus protein yang bikin konsentrasi meningkat.

Menghilangkan Mood Jelek
Mood jelek, yang umumnya ditandai dengan marah-marah, galak, atau jutek. Beberapa studi mengatakan, bahwa kekurangan selenium pada makanan bisa menyebabkan mood jelek dan gampang marah. Jadi, untuk membantu menghilangkan si mood jelek adalah dengan mengkonsumsi biji matahari (kuaci), sereal whole grain, dan kacang Brazil. Kombinasikan biji bunga matahari dan kacang Brazil dengan kismis dan almon untuk dikudap sore hari. Sulit tidur nyenyak di malam hari? Coba makan semangkuk sereal kaya serat dengan susu skim sebelum tidur.

Mengusir Risau
Gugup menjelang kencan pertama? Siapkan makanan yang bisa mendorong dopamine, hormon yang memproduksi rasa nyaman, sehingga memberikan Anda perasaan yang lebih tenang dan menyenangkan. Sumber dari makanan ini ada di pisang, susu, dan makanan berdaun hijau. Untuk lebih cepat meningkatkan mood, coba campur susu skim, es, dan pisang untuk dibuat smoothie.

Penghilang Stres
Urusan rumah, anak-anak, dan jadual sibuk adalah penyebab utama kebosanan di ranjang. Sedikit folat dan zat besi bisa membangkitkan semangat untuk bercinta. Folat mendorong produksi hitamine (hormon yang mendorong manusia mencapai orgasme), sementara zat besi menambah jumlah sperma. Asparagus dan jus jeruk memiliki folat, bahkan mengkonsumsi 1 kerang saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi Anda.

Halau Depresi
Ikan tak semata-mata enak dimakan dan menambah asupan untuk otak. Riset terakhir membuktikan, bahwa lemak pada ikan yang mengandung omega-3 bisa membantu mengurangi gejala depresi. Hal ini dibantu dengan meningkatkan tingkat serotonin di otak. Sumber dari makanan untuk menghalau depresi adalah dengan makan ikan, seperti salmon, herring, tuna, atau sardine. Buat sandwich ikan tuna untuk makan siang, sushi untuk makan malam, atau tambahkan ikan pada makanan pasta Anda.

Menenangkan Diri
Karbohidrat bisa membantu kita lebih tenang dan tidur lebih nyenyak. Konsumsi sedikit makanan berkarbohidrat untuk membantu Anda. Serotonin dipercaya memiliki efek menenangkan dan bisa didapat dari konsumsi karbohidrat. Sumbernya bisa didapatkan dari semangkuk sereal kaya serat dengan susu skim sebelum tidur.

Sumber : kompas.com

Advertisements
One Comment leave one →
  1. August 8, 2009 6:39 am

    oh ada satu lagi mbak…..
    makanan yang bikin hepi setiap saat

    makanan gratiiiiiis 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: