Skip to content

Makanan untuk kulit yang sehat

May 15, 2009

Buat yang punya kulit kering, pastinya tau kan klo lotion dan pelembab bisa membantu mengatasi masalah ini. Tapi adakah makanan yang dapat membantu menghilangkan masalah kulit kering, gatal dan kulit bersisik ini?

Menurut Amy Newburger, MD (namanya aja dah kayak makanan yaak hehehehe) – seorang dokter dari Dermatology Dept St Luke Medical Center -yang terpenting dalam pelindung atau barier kulit adalah fosfolipid, asam lemak bebas, kolesterol dan ceramide. Kulit tanpa lemak yang cukup akan menyebabkan kehilangan kelembaban atau kehilangan kadar airnya yang akan menyebabkan kulit menjadi lebih gampang menjadi dehidrasi.

Naa.. apa saja lemak yang diperlukan untuk kulit sehat dan berseri ini? Lemak  yang diperlukan adalah omega 3 dan omega 6, sound familiar, eh? 😀

Makanan yang kaya akan omega 3 adalah : ikan2an *bukan ikan boongan loo yaa* kayak salmon, herring, mackerel, anchovies dan salmon, dan juga telor. Sementara Omega 6 terkandung didalam tumbuhan seperti evening prime rose oil dan borage seed oil. Sudah banyak kok food supplement yang dijual bebas yang mengandung komposisi ini. Oiya, omega 6 juga ada di dalam jagung dan safflower oil.

 

Bagaimana dengan vitamin dan mineral?

Vitamin C sangat diperlukan oleh kulit sebagai enzyme yang membantu terbentuknya collagen. Collage ini berfungsi seperti sponse yang menyerap air. Vitamin C dibantu oleh Copper (Cu) dan Zinc (Zn). Zinc juga mempunyai efek anti inflamasi yang berperan dalam menjaga kelembutan kulit. 

Sumber Vitamin C dah tau kaan.. inget dulu waktu SD dikasih tau sama ibu guru, hampir semua buah2an yang berwarna orange itu kaya akan vitamin C. Kayak jeruk, mangga dan pepaya. Broccoli juga kaya akan vitamin C loo..

Makanan yang mengandung Cu diantaranya : tahu, tempe, kacang kedele, hati, crabs, oyster dan coklat.. Yihaa.. iya coklat.. 😀 

Sementara makanan yang mengandung Zn : hampir sama kayak Cu, kecuali coklat dan ditambah beberapa jenis keju.

 

Pengaruh caffein dan alkohol terhadap kulit kering

Secara saya ga minum alkohol, jadi ga masalah deh yaa.. Tapi untuk yang suka konsumsi minuman beralkohol, harus dibarengi dengan minum air putih yang cukup, untuk dapat mencegah terjadinya efek dehidrasi kulit.

Untuk pencinta kopi seperti saya, berita bagusnya caffein tidak menyebabkan kulit kering dan dehidrasi tetapi perlu diperhatikan efek jangka panjang dari caffein ini dapat mempengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh. 

Sooo.. mari kita makan dan hidup sehat demi si kulit sehat, indah dan berseri.. 😉

Diterjemahkan secara bebas banget dari sini oleh saya sendiri 😉 dan seperti biasa, gambar wanita dengan kulit cantik dan kupu2 di bahunya (keren yak) diunduh dari gettyimages.com

 

One Comment leave one →
  1. griyautama permalink
    May 16, 2010 10:06 am

    Asswrwb,
    Yang sangat Care dengan Kulit kita salah satunya Minyak Bunga Matahari yang kaya akan Omega 6 dan Asam Oleat, Mengenai Minyak Bunga Matahari ini kami mempunyai Produk Olahannya untuk Kesehatan, selengkapnya ada di http://sunflowerproduct.wordpress.com

    Salam Kenal dari Kami
    Griya Utama
    Pusat Pemasaran Produk Bunga Matahari
    di Jakarta utk Seluruh Indonesia
    021-84994277

Leave a comment